Sabtu, April 12, 2008

Identitas


Kata Victor Hugo di novelnya, Les Miserables, gorong-gorong itu identitas peradaban manusia. Dari situ sejarah atas berbagai ciri, tindak-tanduk, sampe kondisi idealisme peradaban manusia bisa terbaca dan terlihat. Gorong-gorong ini biasa kita sebut got ya… soalnya kepanjangan dan kita nggak terbiasa sama istilah gorong-gorong dan spesifikasi serta klasifikasinya seperti apa untuk bisa di sebut demikian… got aja udah bagus!

Nah, kalo saya (berhubung di kamar nggak ada got, ada Septic Tank persis di depan kamar) kulkas aja lah yang jadi identitas… dalemnya kadang dingin, bikin dodol alias jenang jadi keras. Brownies panggang yang full chocolate jadi agak keras juga. Kadang juga karena saya matikan demi penghematan (untung belum jadi insentif dan disinsentif!), jadi di dalemnya panas. Cokelat jadi lembek bin jemek kayak lempung. Jeruk jadi keriput. Air segar buah semangka jadi habis kayak habis di kenyot vampire. Kadang waktu lagi nggak kepengen di matiin karena lagi nyimpen klepon, semar mendem, dan putu, malah mati lampu. Di bohongin saya sama janji Pilkada. Sukses lah itu penganan tradisional jadi basi. Yaah, akhirnya saya tempel-tempelin aja… temen saya yang lagi tandang ke kamar pada bereksperimen memaknai tempelan-tempelan itu…

Huahahaaaaaa ada yang bilang lagi patah hati, ada juga ngomong terlalu idealis, ada juga yang julukin kreatif sampe jorok, dan sampe ada yang komentar juga “isinya serame depannya nggak?”… Akhirnya kamuflase saya terbongkar! Maksud saya mau membuyarkan konsentrasi temen-temen dari isi di dalam kulkas, tapi akhirnya selalu aja ada yang tanya begitu! Hueheheheee….

Waah, betul-betul informasi nggak nyambung, bleh! Silahkan menikmati kulkas aja lah…

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Konon ceritanya nih, Kulkas merupakan kata serapan dari bahasa Inggris Gawul ColdCash yang terjemahan bebasnya menjadi = Kalo mau yang Cold(dingin) bayar dengan uang Cash.
Konon ceritanya lagi nih, ada yang bilang kalo kulkas itu asalnya dari pergeseran kata kakus, karena banyak orang salah dengar akhirnya bergeser penyebutannya menjadi kaskus, bergeser lagi menjadi kaksus (kata kaksus disinyalir muncul dari daerah jawa karena banyak orang bernama Kak Susilo, Kak Susan, atau Kak Susye. Kata kaksus kemudian bergeser lagi menjadi kasus, kemudin hari kata kasus bergeser lagi menjadi kusas, terus bergeser lagi menjadi Klusas dan kemudian klukas, Jaman sekarang orang sering menyebutnya dengan kulkas. Jadi sebenarnya pengertian Kulkas = Kakus atau wadah pembuangan barang2 busuk. Ya WC gitu deh...! Kulkas = WC

Sori om, komentar ngga nyambung banget, huek... Piss

Anonim mengatakan...

kulkasku, mmm...tempat membekukan cerita2 sedih,
kisah2 perih,
nyimpen pikiran2 amis berbau "busuk"ku biar baunya ga tercium ma orang lain, biar hanya kulkas & aku yang tau. hehehe..
juga untuk nyimpen kenangan2 indah biar tetep fresh so bisa kunikmati kapanpun ketika ku ingin mengenangnya..(ni kulkas atau otakku ya???)
_*syn*_